Kegiatan Corporate Social Responsibilty (CSR) PT. Kalbe Farma Tbk

        

  
logo CSR PT. Kalbe Farma Tbk

Sebagai bentuk tanggung jawab  sosial, PT. Kalbe Farma rutin melaksanakan berbagai kegiatan CSR setiap tahunnya. Mulai di bidang kesehatan, lingkungan, hingga pendidikan. Di bidang pendidikan, PT. Kalbe Farma mempunyai sebuah  kegiatan CSR yang dinamakan “Kalbe Berbagi”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya yang berada di wilayah Cikarang. Selain itu juga untuk membangun hubungan yang baik antara PT. Kalbe Farma dengan masyarakat sosial. 

Pada tahun 2013, program Kalbe Berbagi dilaksanakan di SDN 6 Sukaresmi, Cikarang Selatan. Kegiatan  tersebut dimulai tanggal 23 Februari 2013 dan berlangsung selama 6 bulan.  Konsep dari kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan mengenai hidup sehat kepada siswa siswi di SDN 6 Sukaresmi. Sebelumnya, PT. Kalbe Farma  telah menyediakan fasilitas belajar – mengajar seperti rak – rak buku dan lemari yang ditempatkan di masing – masing kelas. Selain itu juga, membangun wastafel di setiap depan kelas Dalam pelaksanaannya PT. Kalbe Farma dibantu oleh beberapa karyawannya dari berbagai divisi, juga oleh beberapa mahasiswa Bina Nusantara yang merupakan universitas binaan Kalbe. Para relawan itu disebut “Laskar Sehat”. Para “Laskar Sehat” ini telah diberikan tugas dan tanggung jawab masing-masing, juga dibekali materi yang nantinya akan disampaikan kepada para siswa. Setiap relawan bertanggung jawab terhadap satu kelas, dari mulai pembukaan hingga akhir acara.
           
1.            Pengenalan pola hidup bersih dan sehat
         Pada pertemuan pertama ini, para laskar sehat memberikan presentasi di dalam kelas mengenai pola hidup bersih dan sehat.  Materi ini mencakup tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Para siswa diajarkan tahap demi tahap untuk mencuci tangan yang baik dan benar. Kemudian Kegiatan dilakukan satu kali dalam sebulan, selama 6 bulan. setiap pertemuan, penyuluhan yang diberikan oleh para Laskar Sehat berbeda-beda, diantaranya :langsung mempraktekkannya di wastafel yang telah dibangun di depan kelas. Materi ini dibawakan dengan sangat menarik sehingga setiap siswa sangat antusias untuk mengikutinya. Setelah memberikan presentasi yang menarik tersebut, maka acara dilanjutkan dengan games berupa kuis yang diberikan oleh laskar sehat. Berbagai gimmic menarik pun telah disiapkan untuk siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar.


Laskar sehat sedang mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar

 
2.            Cara menyikat gigi dan menggunakan MCK dengan benar
            Hampir sama seperti pertemuan pertama, para Laskar Sehat memberikan presentasi menarik di depan kelas mengenai cara menyikat gigi dan menggunakan MCK dengan benar.  Para siswa diajarkan juga mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan menjaga kebersihan. Para siswa pun sangat antusias mengikuti materi yang diberikan, karena sebagian besar dari mereka belum mengetahui bagaimana cara menyikat gigi dan menggunakan MCK dengan benar. Dengan materi yang diberikan oleh para Laskar Sehat ini, para siswa menjadi bertambah pengetahuannya. Dan secara tidak langsung PT. Kalbe Farma juga telah berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan anak Indonesia. Acara diakhiri dengan memberikan sikat gigi terstandar kepada para siswa.

3.            Pengetahuan makanan sehat
            Bulan ketiga, PT Kalbe Farma yang diwakili oleh para Laskar Sehat memberikan penyuluhan mengenai makanan sehat kepada para siswa SDN 6 Sukaresmi. Hingga pertemuan ketiga ini para siswa masih memiliki antusias yang tinggi. Selain memberikan materi tentang makanan sehat, para Laskar Sehat juga memberikan pengetahuan mengenai berbagai vitamin yang terkandung dalam makanan sehat tersebut, dan pentingnya vitamin untuk tubuh. Disini para siswa telah mampu menyebutkan makanan yang termasuk makanan sehat dan macam – macam vitamin yang terkandung di dalamnya. Acara dikahiri dengan memberikan makanan sehat kepada setip siswa.

4.            Pentingnya pemeliharaan sampah
            Disini para siswa diajarkan mengenai pentingnya menjaga lingkungan dari sampah. Akibat yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan dan juga diajarkan mengelompokkan sampah berdasarkan sifat dan karakteristiknya. Setelah itu, para siswa diajak keluar kelas untuk memunguti setiap sampah yang berserakan di lingkungan sekolah. Kemudian membuang sampah tersebut ke dalam tempat sampah yang sesuai.

5.            Olahraga sehat
            Berbeda dengan pertemuan – pertemuan sebelumnya, pada pertemuan kali ini para siswa tidak mendapat materi berupa presentasi di dalam kelas. Para siswa berkumpul di lapangan, berbaris dengan rapi dan melakukan senam bersama para guru serta Laskar Sehat. Senam tersebut dipimpin oleh seorang instruktur yang merupakan salah satu anggota Laskar Sehat.

6.            5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)
            Terakhir, para Laskar Sehat memberikan materi mengenai 5R, yaitu Ringkas, Rapi,Resik, Rawat, Rajin. Di pertemuan ini juga disediakan berbagai gimmic menarik untuk para siswa yang dapat mengamalkan prinsip 5R di dalam kelas.

            Kegiatan Kalbe Berbagi ini mendapat respon yang luar biasa dari pihak sekolah maupun para siswa. Para siswa mendapatkan banyak pengetahuan yang belum pernah diberikan oleh sekolah. Dengan program ini, pihak sekolah juga mendapatkan keuntungan dari berbagai fasilitas yang diberikan PT. Kalbe Farma. Fasilitas tersebut tentunya dapat menunjang kegiatan belajar – mengajar di SDN 6 Sukaresmi. Kalbe Berbagi merupakan salah satu bukti pelaksanaan CSR PT.Kalbe Farma sebagai peranan Public Relations. Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan bukan lagi dilihat sebagai sarana biaya (cost centre) melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit centre). Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Kegembiraan siswa SDN 6 Sukaresmi atas kegiatan Kalbe Berbagi

             PT. Kalbe Farma menganggap perlu untuk  membina hubungan yang harmonis dengan lingkungan di sekitarnya. Ha tersebut akan membawa nilai positif untuk keberlangsungan perusahaan. Citra perusahaan menjadi baik dimata masyarakat. Dengan itu, masyarakat akan tetap percaya menggunakan produk-produk PT.Kalbe Farma. Sehingga eksistensi PT.Kalbe Farma sebagai perusahaan farmasi terbesar se-Asia Tenggara dapat terus dipertahankan.

0 komentar:



Posting Komentar